Selasa, 04 September 2012

Materi Kelas 7 : Perangkat Keras Komputer (Memasang Peralatan Proses CPU , Monitor , Keyboard , Mouse , Speaker , dan Printer Menjadi Kesatuan Yang Siap Pakai)


B.Memasang Peralatan Proses CPU , Monitor , Keyboard , Mouse , Speaker , dan Printer Menjadi Kesatuan Yang Siap Pakai


a.Menghubungkan Monitor ke CPU
Monitor biasanya mempunyai dua buah lubang untuk kabel , lubang pertama tempat kabel yang akan dihubungkan ke CPU yaitu pada konektor VGA. Pada beberapa jenis monitor , kabel jenis ini sudah menjadi satu dengan monitornya. Kemudian kabel yang kedua adalah kabel yang akan disambungkan dengan stop kontak atau arus listrik.
Hubungan kabel monitor ke CPU yaitu pasangkan ujung kabel monitor ke konektor VGA  

b.Menghubungkan  Speaker ke CPU
Speaker biasanya sudah dilengkapi dengan kabel yang bercabang dimana bagian pangkal kabel akan dihubungkan dengan CPU yaitu melalui konektor Audio dan Game atau konektor Sound Card.
Hubungkan kabel speaker ke CPU yaitu pasanglah ujung kabel speaker ke konektor Audio dan Game. Dan pangkal kabel hubungkan dengan arus listrik.
c.Memasang atau menghubungkan keyboard dan mouse ke CPU

Keyboard dan mouse masing-masing mempunyai kabel yang bentuknya sama. Pada beberapa jenis mouse dan keyboard perbedaan ditunjukan dengan perbedaan warna ujung kabel dan konektprnys.Ujung kabel atau konektor keyboard berwarna ungu (purple) sedangkan ujung kabel atau kinektor mouse berwarna hijau (green).
Pasangkan Keyboard dengan mouse pada kenektor keyboard dan mouse dengan benar.

d.Memasang Printer
Pada printer terdapat dua kabel yaitu kabel pertama untuk menghubungkan printer dengan CPU dan kabel kedua untuk penghubungkan printer dengan stop kintak arus listrik.
Kabel printer ke CPU ada yang berjenis USB dan ada pula yang berjenis pararel port, sehingga untuk menghubungkannya perlu diperhatikan jenis kabelnya.Setelah dietahui jenis kabel printer yang dipakai maka untuk menghubungkannya ke CPU dapat dipasangkan pada USB atau konektor printer yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar