Kamis, 06 September 2012

Materi Kelas 7 :Program Aplikasi (Kegunaan Program Aplikasi)

8.Lotus
Lotus Software (disebut Lotus Development Corporation sebelum akuisisi oleh IBM ) adalah sebuah perangkat lunak perusahaan dengan kantor pusat di Westford , Massachusetts . Lotus paling umum dikenal untuk 1-2-3 Lotus spreadsheet aplikasi, fitur-berat pertama, user-friendly, dapat diandalkan dan WYSIWYG -enabled produk menjadi tersedia secara luas pada hari-hari awal PC IBM , ketika tidak ada grafis user interface . Seperti alat yang berguna pasti membantu untuk menyebarkan adopsi dari PC, baik untuk aplikasi administrasi dan ilmiah. Banyak kemudian, dalam hubungannya dengan Ray Ozzie 's Associates Iris , Lotus juga merilis sebuah groupware dan email sistem, Lotus Notes . IBM membeli perusahaan pada tahun 1995 sebesar $ 3,5 miliar, terutama untuk memperoleh Lotus Notes dan untuk membangun kehadiran dalam semakin penting client-server segmen komputasi, yang dengan cepat membuat berbasis host produk seperti IBM OfficeVision usang

Sejarah 

Lotus didirikan pada tahun 1982 oleh mitra Mitch Kapor dan Jonathan Sachs dengan dukungan dari Ben Rosen . Produk pertama Lotus 'adalah perangkat lunak presentasi untuk Apple II yang dikenal sebagai Sistem Briefing Eksekutif Lotus. Kapor mendirikan Lotus setelah meninggalkan jabatannya sebagai kepala pembangunan di VisiCorp (distributor dari VisiCalc spreadsheet ) dan menjual semua hak kepada produk VisiPlot dan VisiTrend ke VisiCorp.

Tak lama setelah meninggalkan VisiCorp Kapor, ia dan Sachs menghasilkan spreadsheet terintegrasi dan program grafis. Meskipun IBM dan VisiCorp memiliki perjanjian kerjasama dimana VisiCalc sedang dikirim bersamaan dengan PC, Lotus memiliki produk jelas lebih unggul. Lotus merilis Lotus 1-2-3 pada tanggal 26 Januari 1983. Nama itu merujuk pada tiga cara produk dapat digunakan, sebagai spreadsheet, paket grafis, dan manajer database . Bahkan, dua terakhir fungsi kurang sering digunakan, tetap 1-2-3 adalah program spreadsheet yang paling kuat yang tersedia. Penjualan yang besar, mengubah Lotus menjadi vendor software independen terbesar di dunia hampir semalam. Rencana bisnis telah menyerukan $ 1 juta dalam penjualan pada tahun pertama, namun hasil aktual adalah $ 54 juta.
Pada tahun 1982 Jim Manzi datang ke Lotus sebagai konsultan manajemen, dan menjadi seorang karyawan empat bulan kemudian. Pada bulan Oktober 1984 ia diangkat Presiden, dan pada April 1986 ia diangkat sebagai CEO , berhasil Kapor. Pada bulan Juli tahun yang sama ia juga menjadi Ketua Dewan. Manzi akan tetap di kepala Lotus hingga 1995.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar