Selasa, 04 September 2012

Materi Kelas 7 :Program Aplikasi (Kegunaan Program Aplikasi)

1.Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Daftar isi [sembunyikan] 1 Sejarah 1.1 Tahun 1990-1995 2 Fitur Unggulan 3 Lihat pula 4 Pranala luar [sunting] Sejarah Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai. Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya. Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya. Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan. [sunting] Tahun 1990-1995 Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.


Pengolahan kata yang dapat ditangani oleh Microsoft word adalah


1. Memilih dan Mengganti jenis huruf
Dalam Microsoft Office word 2007 font (jenis Huruf ) lebih banyak jika                   dibandingkan dengan word 2003. Jenis huruf yang ditampilkannyapun lebih bagus adapun cara-caranya adalah sebagai berikut.
          Ø    Pilih kata atau kalimat yang anda ingin ubah yaitu dengan cara mengeblok kata atau kalimat tersebut
         Ø    Setelah di blok kemudian Klik home
         Ø    Pada kolum font pilih font yang anda inginkan

font



Keistimewaan dalam word 2007 pada waktu anda mengarahkan kursor pada jenis font, kalimat atau kata yang anda blok tadi dengan outomatis berubah sendiri. Anda juga bisa mengisinya sendiri jenis-jenis huruf yang anda sukai, ataupun anda membeli jenis huruf atau mendownload dari internet. Banyak sekali jenis-jenis huruf yang bisa  anda gunakan melalui manual dari control panel.
           Selain dari menu home anda juga bias menggunakan lewat keyboard dengan cara menekan ctrl + shift + f maka akan muncul kotak dialok seperti gambar 12.01  di bawah ini:


menu font


Pada kotak dialog di atas terdapat  6 (enam) hal yang paling penting  yang harus anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut :
     Font : pada kotak font kita juga bisa memilih beberapa jenis huruf yang anda inginkan, untuk       memilih yang lain anda bias tarik scrollnya yang terletak disampingnya.
     Font style : digunakan untuk merubah bentuk atau gaya jenis huruf diantaranya adalah
      Regular : jenis ini adalah jenis biasa atau huruf biasa.
      Italic : jenis ini adalah untuk font atau jenis huruf yang miring
      Bold : jenis ini adalah untuk jenis huruf tebal
      Bold italic : jenis aini adalah untuk jenis huruf tebal dan miring
     Size : digunakan untuk merubah ukuran font atau jenis huruf.
     Font Color : digunakan untuk  merubah atau mewarnai jenis huruf
     Underline style : digunakan untuk menggaris bawahi sebauh font atau jenis hruf.
     Priview : untuk melihat hasil yang telah anda gunakan 6 hal tersebut di atas. 

2.Mengatur ukuran huruf
Langkah-langkah untuk membuat huruf dari toolbar sebagai berikut.
1) Sorot huruf atau paragraf yang akan diiubah model hurufnya
2) Klik jenis huruf pada tab menu Home lalu pilih submenu Font, kemudian pilih font yang dikehendaki.
Berbagai pilihan jenis huruf

3.Mengatur margin
  • Buka Ms. Word kamu, kemudian pilih menu Page Layout >> Margin. Klik Custem Margins untuk mengatur batas Top=batas atas, Left=batas kiri, Right=batas kanan, Buttom=batas bawah. jika sudah sesuai pilih OK
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi52DCSpeUAnAGUfjlfQdUOCP_0x6N25koHKqQBbJA8DvPR0P44cRpLyyEMB1kFVQr_iWix2NfLMON8V1DhFu4d33pame0H6kSs6NsyPsBZpwQS0jY_LGY9GXOonvkeYUurX_aGyVTCGxJt/s400/margin.PNG
  • Untuk mengatur Size Page/halaman, pilih menu Page Layout >> Size. pilih size yang kamu inginkan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVcSxcYQM1E9QBVUBVVkFsjcACokXpoB0RSo4_1cPqBk2NRC8PGuVHwVZdrR68xfvSRzfts-fcj9Tq-XUaHUApYZxoIx0qyVRT0XSc0jhcpIYmBRnIOR66_kDuUkaXQ6mL6mriykyQP3bU/s400/size.PNG

Dan jika menginkan apakah posisi kertas berdiri/potrait dan kesamping/landscape, pilih menu Page Layout >> Orientation


  1. 4.Me Menggunakan tombol navigasi pada toolbar dalam menu Home (Font ribbon).
  2. Menggunakan kombinasi tombol pada keyboard.
http://1.bp.blogspot.com/-REikVtSyLP4/UBA8mY01uQI/AAAAAAAAAj8/74w6YA6b0vk/s320/1.jpg
gambar 1. (font ribbon)

Keterangan gambar 1:
  1. Tab Menu Home.
  2. Font ribbon, yang diberi tanda dengan kotak warna biru adalah tombol navigasi untuk membuat huruf tebal, miring dan bergaris bawah.

http://4.bp.blogspot.com/-XVDoiFziNnA/UBA8neOzrLI/AAAAAAAAAkE/HtWOL26Vtzg/s320/2.jpg
gambar 2

Pada gambar 2 adalah macam-macam bentuk underscore (garis bawah) yang dapat digunakan, sedangkan pilihan bentuknya dapat dibuka dengan meng-klik tanda panah yang ada disamping kanan huruf U.
Untuk mempraktekkannya, silahkan buka program Microsoft Office Word 2007. Setelah Program Ms Word terbuka, coba ketikkan beberapa kata atau kalimat (terserah anda). Setelah itu, coba lakukan double click atau letakkan cursor diantara huruf sebuah kata, kemudian klik tombol B pada ribbon menu font. Tulisan / huruf berubah menjadi tebal. Untuk membuat huruf miring (italic) klik tombol I, dan garis miring (underscore) klik tombol U. Fungsi double click adalah untuk memilih satu  kata, sedangkan klik 3 kali adalah untuk memilih / mem-blok satu paragraf.
http://3.bp.blogspot.com/-reCXqoStb8E/UBBGBhmi1yI/AAAAAAAAAkc/7PZ75k694zY/s320/6.jpg
gambar 3

Maka hasilnya kata yang sudah diblok akan berubah menjadi bold (tebal). Cara ini sama ketika anda mengingikan tulisan dengan bentuk italic (miring) ataupun underscore (bergaris bawah).
Jika mengunakan perintah dengan kombinasi tombol:
  • Ctrl+B untuk bold (tebal).
  • Ctrl+I untuk italic (miring).
  • Ctrl+U untuk underscore (garis bawah).
  • Ctrl+klik untuk memilih / mem-blok satu kalimat.
  • Ctrl+A untuk memilih / memblok seluruh isi dokumen.
ngatur efek cetak huruf

5.Mengatur Spasi
Jarak spasi yang dimaksud disini adalah jarak antar baris dalam suatu tulisan atau paragraph. Semakin besar spasinya, maka jarak antara baris tulisan diatas dan dibawahnya akan menjadi lebih besar. Secara default Microsoft Word mengatur spasi dengan ukuran spasi 1 (single). Kita bisa mengatur jarak spasi menjadi 1,5 atau double ( 2). Namun demikian kita masih bisa untuk mengatur sendiri jarak spasi yang kita inginkan, sperti 1,3 ; 1,7 ; atau yang lainnya.

Untuk mengatur jarak spasi di MS Word, yang dilakukan adalah :
  1. Sebelum menulis dilembar kerja, kita bisa langsung mengatur jarak spasi. Atau bisa juga mengetik dahulu kemudian baru diatur jarak spasinya, tentu saja sebelum diatur jarak spasinya, ketikan harus diblok terlebih dahulu.
  2. Klik menu Home kemudian pilih tanda panah dipojok kanan bawah pada group menu Paragraph.

    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfdfRlUQjxia6BsLK5tldGTakaJxOWxnh5tljDjo-5-0xcCESWInohURA9DN7DvK3WyvsZobiAcZuaPjmVWV_vA7G4qRPsVblXs1ZKMPR7fj5n2Mn-YA8PLgsxBZYLAaBordLQ139RrqZW/s320/paragraph-options.png

  1. Klik tab Indents and Spacing,pada pilihan Line Spacing klik tombol dropdown disebelah tulisan single.
  2. Pilih salah satu pilihan spasi yang tersedia single, 1,5 atau double.

    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibrHQDxmdLxiw2UkqXnqI2MDNRjvR6eKcMeiGJJy-AooGO3lbkdQ1UDHGpadbrZVcSKbFIAo70qtX9OyhInJvr8yS2aczYnxdJUmRaJBCOtfElmNW9Mq2dtLWlHR3SYF-5wb4-iir-mAl2/s320/spasi-ketikan-2.png

  1. Jika anda menginginkan spasi sendiri, maka setelah menekan tombol dropdown pilihlah pilihan multiple.
  2. Disebelah kanannya terdapat pilihan At. Dan isilah sesuai yang anda inginkan, missal spasi 1,3 ; 1,7 ; 2,2 atau yang lainnya.

    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcjqzN8L1-05wOvmZKeXFYL2VoN9WDOOa5TdwnQWKDd5syDWrjtWZKL5VtV2_TTCto2CfnLQzNiFCtJiQmq1poHKgXX5E86RlydanB-WHMeYosXNF3akrNwMkkeRWSlqnfFQYHKYgk0kGg/s320/Spasi-tulisan-kehendak-send.png

  1. Klik OK.


Cara yang lain mengatur jarak spasi ketikan adalah dengan menekan tombol perintah Line and paragraph Spacing pada group menu paragraph, kemudian pilih salah satu spasi yang diinginkan atau pilih line spacing options untuk mengatur spasi sesuai dengan keinginan seperti langkah diatas.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpIKEMVHkCi4o-vcZmJPyrMHXBoPxfUbpHdvfLv_0C20bQC8udTwLGlNmFOha93xdANriPz9RQuaJM0BXcXJblJjsqyqFowz-WYZ7vCuW5tq1d0Am0eo86vm1r7gZcISxXIyV4bJlG6XY6/s320/line-and-paragraph-spacing.png


Ada satu lagi cara cepat untuk mengatur jarak spasi tulisan di MS Word, yaitu :
  • Ctrl + 1 untuk jarak spasi 1
  • Ctrl + 5 untuk jarak spasi 1,5
  • Ctrl + 2 untuk jarak spasi double (2)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHjfzz5vSWYIruTf_89ppfVa3p06NFXPiovFGlU3kWAj5nLoELksX6sJVIA0feUWUA_q75zZO2-JhFuDHaYvjpfSezqdMpx4qYQ8JXEavBIiZih9ffvoFPpWxr_BWPFeG1rFAN0nLQzEMb/s320/spasi-1.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgW7wAcrGaXlkz8I-WvKhOpKtONLp2eN64aOyCZSBRwLMfPuUNvC5VmpAfQxMmKNVnbckfvIvME3kPqwM32I4G7FSzY87gVIJiW9nh3DsuZ2Sljrw1F9vTSwpznOQuO4DF5NoinVVZx3wYT/s320/spasi-1%252C5.png


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgULU_J3fb9wcZxUbY5FPo7KtObHiO7AA_CxrW8mXN6dlPJdVS9XNcIipAXUu0I0gJINy3OhxxNQc1L_NvBPaYAF73IgUR61S5rSJriKS_Ew4_7r1wXbh1GTdlYPRiCeknODIAH_zu7bdZY/s320/spasi-2.png

6.Memberi bingkai
1.   buka aplikasi atau program microsoft word, untuk membuat bingkai nya, klik pada Menu format, kemudian klik pada pilihan Borders and Shading… ,
cara membuat bingkai halaman pada microsoft word border
2.  sesaat kemudian akan muncul jendela Borders and Shading,  sedikit penjelasan pada tabs  Borders untuk memberikan bingkai pada paragrap ataupun kalimat, sedangkan pada tabs Page Border untuk memberikan bingkai pada halaman lembar kerja Microsoft Word. jadi karena kita mau belajar memberikan bingkai pada halaman lembar kerja microsoft word, klik pada tabs Page Border.
cara membuat bingkai halaman pada microsoft word border
3.   setelah kamu klik pada tabs page border, pada bagian Setting klik pada Opsi BOX untuk menjadikan bingkai kotak mengelilingi halaman, pada bagian style di situ ada beberapa pilihan garis, ada garis nyambung, garis putus-putus, dan lain-lain, pada Color berisi warna, sedangkan pada kolom art terdapat model model bingkai bermotif seni, seperti bingkai buah, daun dan lain-lain. pilihlah sesuai dengan seleramu. pada contoh di bawah ini, kita pilih saja yang model art pohon kelapa, jika sudah dipilih, klik tombol OK
cara membuat bingkai halaman pada microsoft word border
4. dan hasilnya adalah sebagai gambar di bawah ini.
cara membuat bingkai halaman pada microsoft word border
5.  pada contoh diatas adalah jika kamu memih bingkai dengan model Art. jika kamu menginginkan model style garis bisa memilih style seperti pada gambar di bawah ini. pilihlah salah satu style garis sesukamu,  kemudian klik tombol OK.
cara membuat bingkai halaman pada microsoft word border
6.  model bingkai style garis akan tampak seperti gambar di bawah ini.
cara membuat bingkai halaman pada microsoft word border

7.Pembuatan table
1. Buka Program Cara Microsoft Word 2007
2. Masuk Ke tab INSERT--->TABEL
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYK9WEJHScqN04L7JBNSRrkznuR9suirKvV429NhYnkg6cik2WbHcAYUJtPLYjJnKDX79fr5i_-DdSQgZ4XznqF4pQpbHb3FARXn09MaU_FgfzxLPOk-pISo2ZrLJLTkK9CrzTyrHbbV4/s400/Tabel+2007.png

3. Mulailah Membuat Tabel
Ada 2 Cara:
  • Cara Pertama
Langsung Membuat dengan Fasilitas seperti ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEir9Y7sw5x27NBei5YY76M44N3h4-PN4EUekDRMxvFZxjaQz1ByR2akxNVS0Tq0kfvS3MJHiOxn33CZ84IppKx-VhUT91QZjjiP_FME55_Ohv1Rm_Hu2OF72heoYvmvRqajfPJ7VRAyGSM/s400/Tabel+2007_1.png
  • Cara Kedua
Dengan Menggunakan Fasilitas INSERT TABLE
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyTK5RQQyJLQ7grbiFkNcn1Rh4OW6te_K4D21RKWu9r1wRGEckikatgGmJfwVsnJrE-XZIb1iNLYi4Zmx_t-RQVN6lM63KX1IDffUUBAElhK-Khe9eEc0QmhYjcUt1MHpuBeFaK88jfYI/s640/Tabel+2007_3.png
Nanti akan Ada tamoilan Seperti ini (PERHATIKAN)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSkIeL71NrJvjjYpYWCCyK0EvOvZdEOBJD63hmauJlpDmc3nCPRxiv_XkhB3Xd6RfYAurUyC_EFUIQQ4cBmmv41O4VztccnLCCydsjlI5X93uDLBU6LQhwHjn-_CaP3ZTSfLWny-vFzmE/s400/Tabel+2007_4.png

4. Hasilnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-dXRSf20DE_NPA6Koy722QqcVyuYu0P4cVJ3szwIJz5wMkf0pmGEjOjPOLTKb4KZW8H2I1Ixn5NEm1ynLZGaExxD_Iq20VQESR4C_TOUf5r8N8yXARkExvQ47Qro9hdFJ_h1W6wVr_lo/s400/Tabel+2007_5.png





8.Bullet and numbering
  • Pada Tab Home, langsung pilih Multilevel List (Langkah 1), kemudian klik Define New Multilevel List…
  • Tampil jendela Define new Multilevel List. Seperti Gambar 2. di bawah ini.
Gambar new Multilevel list
Gambar 2 : Define new Multilevel list
Format level 1, pada Gambar 2. ditunjukkan dengan huruf “a”. Pada soal berisi perintah atau petunjuk pengisian



9.Pengetikan Berkolom
  1. Yang pertama pastinya kamu perlu untuk membuka word 2007
  2. Blok semua ketikan kamu yang mau dibuat model kolom
  3. Arahkan mouse ke tab menu page layout dan klik
  4. Pilih Columns
  5. Pilih More columns…
  6. Pilih tipe kolom yang kamu mau, One, Two, Three. Left atau Right
  7. Atur Width = Lebar kolom dan Spacing = Jarak antar kolom.
  8. Klik Ok.
  9. Selesai gan ………….
http://bandito.files.wordpress.com/2010/04/colom.jpg?w=630

10.Menyisipkan gambar
  1. Klik menu ribbon Insert
  2. Lalu klik tombol picture
    Bila microsoft word anda kompatibel dengan versi Microsoft Word 2003, maka kedua langkah di atas akan memiliki shortcut ALT+I, P, F, sedangkan untuk word 2007 / 2010 tekan tombol ALT, N, P
  3. Selanjutnya anda akan diberikan sebuah dialog untuk memilih file gambar yang bisa memunculkan preview gambar.
gambar dialog untuk penyisipan gambar di dokumen Microsoft Word
  1. Pilihlah file gambar yang ingin anda masukkan lalu klik Insert. Misalkan kita memilih gambar koala dan langsung klik tombol Insert. Gambar langsung dimasukan dalam dokumen anda. Anda juga bisa langsung menyisipkan gambar dengan klik ganda (doublke click) pada gambar tersebut.
  2. Gambar yang disisipkan dalam dokumen masih sesuai dengan ukuran aslinya. Bila gambar tersebut terlalu besar, maka akan dibatasi sampai ukuran margin kiri dan kanan.
  3. Bila anda merasa gambar terlalu besar atau terlalu kecil, anda dapat merubah ukurannya dengan melakukan drag pada salah satu dari empat sudut yang ada. Hal ini untuk menjaga aspect ratio, agar tampilan gambar tetap sama hanya lebih kecil / lebih besar.
gambar perubahan ukuran untuk penyisipan gambar di dokumen Microsoft Word

11.Penyisipkan symbol
1.  Letakkan kursor pada tempat yang akan disisipkan simbol.
2.  Pilih dan klik tab Insert.
3.  Pilih dan tombol pada grup Symbol.

4.  Pilih dan klik More Symbols.

5.  Pilih jenis font, lihat gambar berikut.

6.  Klik salah satu simbol yang kamu inginkan.
7.  Klik insert untuk menambah simbol pada dokumen.

8.  Klik Close untuk menutup kotak dialog.


12.Memberi Catatan kaki
  Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi footnote.
  Klik References kemudian klik Insert Footnote

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDuhnoOavgzhbx9Ne0BH3cZy1mvDAJU8pytUJsNvmnlzsdE3yGfgYXT6WP0M0xIR12WEJ1-Td8EVyQkDVe3dNMopZJUx62k-S-fwm4iBOvybX-E33QB4KU4yTD9nwrpHGS2nF-kV84Ou12/s980/insert-footnote.png
  Ketikkan catatan atau isi dari footnote tersebut.
  Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil, dan dibagian bawah halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan.
  Jika pointer diarahkan pada angka footnote, maka akan muncul keterangan atau isi footnote tersebut.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxlxSrJXsMZSfUDS0PtR4R50HMI6zwQJkrBexeA9pW_KA0irIGmAe3VN3FNmKAX5_nmLrj0_pouPidsjdnmGeMzrccIQfGzQt5lCNt1cr8TBvK-02B1Dh2ja1X8l4OrnClRv_44atTukfJ/s980/catatan-kaki.png
  Lakukan hal yang sama untuk membuat footnote selanjutnya, dan secara otomatis nomor footnote juga akan berubah sesuai dengan urutan.

13.Mepercantik tulisan
  1. Pilih huruf pertama dari paragraf.
  2. Pada Insert tab, Text group, klik Drop Cap.
    Text Group - Word 2007
  3. Pilih posisi Drop Cap:
    • Dropped: Drop Cap ditempatkan dalam paragraf.
    • In margin: Drop Cap ditempatkan dalam margin.
Drop Cap
  1. Ulangi langkah-langkah di atas bila ingin mengganti posisi Drop Cap.

Cara Edit Drop Cap
  1. Pilih Drop Cap yang ingin diubah.
  2. Pada Insert tab, Text group, klik Drop Cap dan pilih Drop Cap Options.
    Drop Cap Dialog Box
  3. Pada bagian Position, atur posisi Drop Cap yang diinginkan.
  4. Pada bagian Options, pilih:
    • Font: untuk mengubah tipe font.
    • Lines to drop: untuk mengatur tinggi baris Drop Cap.
    • Distance from text: untuk mengatur jarak Drop Cap dengan teks dalam paragraf.
  5. Klik OK bilas sudah selesai.

Tip: Kita juga dapat menggunakan fitur-fitur dalam Font group di tab Home, untuk memberi format warna, font dan lain-lain pada Drop Cap.

Cara Menghapus Format Drop Cap
  1. Pilih Drop Cap yang ingin dihapus.
  2. Pada Insert tab, Text group, klik Drop Cap dan pilih None.

14.Word art
1. Buka Microsoft Word 2007
2. Lalu Masuk Ke Tab INSERT
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiv5bJ9Q3fblOky5-Z2K8JovWt7LfkVlOMts2YT0XJBxjQ3vI2spP5a8YEjUWUMzcDA22YVvocbSVpeggnzbwt4EmtgIuYzLaWns7B__9XV_k-xdGkV1Z1AmKuCpQniJedIS6uYnJA7f2o/s640/WordArt+2007.png

3. Pilih Salah Satu Style yang Anda Inginkan , Lalu Klik Style yang anda Inginkan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg38FEcn17z4SZFxgWDhmZXE7CUJ0GkyFXoWKvOqY0nTDNqOTxk_S9KJ2o40Bfl3mtcFYG9WDhPtd5fNtRCjc22u63HbWvko6EGruB2B_MnpjR6qVeM_DvDWZPMCmTAhG8FkI4ZljjR104/s640/WordArt+2007_1.png

4. Mulailah Membuat Teks WordArt
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikxguB5PLtiQIwFBQwGuWnvA0FD1v5bQSZs35FhAIlTRI9Z4MwBP9I2zH6LECMjEUpbTHS67bfSeVm_Xf6FjBMqtYogc7kGoiBhVOR5W6hq_JZQetRtLfZEPbUsFeTi2bbv8TtGjqHXG8/s640/WordArt+2007_2.png

PERHATIKAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrm-z3RB2NR-4SgeW-5kIsK9HajRq_z0HmqzIQK3WlhkbRWr391JhsjXv3Q12ARJ1WdL5vZJ2bWWJh91oFRD53DWl8GaYHmmU8_NK0TfCvdJlt6QvTHrxCGZuTa-mP6IqdtNwwONCksS0/s640/WordArt+2007_3.png
hasilnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgI0Vm7vunIbarYbnkoWJP0H1rRILes2VefrC_kSGbc7rwPe8UfZSxaeLiXNtZ2Yi_-2Hwkb71iNMrF5rlCdan1L1rNI74FnnKdyH422E4kkHPX_arsz2zDEy01hUXjoepxhu3H-4I67as/s640/WordArt+2007_4.png






15.Pembuatan garis dan berbagai bentuk garis
Shapes adalah fasilitas word untuk menyisipkan gambar bentuk seperti garis, segitiga, segi empat dan lain-lain.

Cara menyisipkan shapes pada office 2007 adalah sebagai berikut :
1. Klik insert
2. Lalu klik shapes

Untuk menampilkannya di lembar kerja dalah dengan cara mendrag mouse di lembar kerja setelah sebelumnya mengklik gambar yang ingin disisipkan.

Demikian tips singkat Menyisipkan auto shapes Microsoft word 2007.



16.Penomoran halaman
  1. Pada Insert tab, Header & Footer, klik Page Number.
    Header Footer Group
  2. Pilih letak nomor halaman:
    • Top of Page, untuk menempatkan nomor halaman di bagian atas (header).
    • Bottom of Page, untuk menempatkan nomor halaman di bagian bawah (footer).
    • Page Margins, untuk menempatkan nomor halaman di dekat marjin halaman.
    • Current Position, untuk menempatkan nomor halaman di posisi kursor.
  3. Klik bentuk nomor halaman yang diinginkan dari galeri.
  4. Tutup header/footer dengan mengklik ganda pada area dokumen atau klik tombol Close Header and Footer.

17.Melakukan perhitungan
  • SUM: Untuk menjumlahkan data.
  • AVERAGE: Untuk menghitung nilai rata-rata.
  • COUNT: Menghitung jumlah data.
  • MIN: Untuk mencari nilai terkecil.
  • MAX: Untuk mencari nilai terbesar.
Dan sebagai bantuan lainnya kita juga dapat menggunakan operator matematis standar seperti berikut ini (tanpa quote):
  • "+" penjumlahan.
  • "-" pengurangan.
  • "*" perkalian.
  • "/" pembagian.
  • "A" eksponensial.
Aturan Penulisan
Aturan penulisan rumus pada Word juga sama dengan aturan penulisan rumus pada Excel, yaitu selalu diawali tanda samadengan “=” dan variabel rumus diapit oleh tanda kurung “()”. Contoh struktur penulisan rumus pada Word dapat dilihat pada gambar berikut ini.
Drawing1 
Alamat Sel
Untuk mempermudah penulisan rumus maka Word menggunakan 4 istilah untuk alamat sel, yaitu:
  • LEFT: Merujuk pada sel di sebelah kiri sel aktif.
  • RIGHT: Merujuk pada sel di sebelah kanan sel aktif.
  • ABOVE: Merujuk pada sel di sebelah atas sel aktif.
  • BELOW: Merujuk pada sel di sebelah bawah sel aktif.
Untuk penggunaan rumus tingkat lanjut kita juga dapat menggunakan alamat sel seutuhnya seperti pada Excel, yaitu menggunakan nomor baris dan nama kolomnya. Hanya saja karena pada Word tidak ada informasi yang menunjukan nomor baris dan nama kolom tersebut maka asumsikan saja bahwa tabel yang kita buat pada Word tersebut memiliki alamat seperti tabel berikut ini.
image
Sebagai contoh, misalkan pada Word kita memiliki tabel seperti berikut ini.
image
Maka alamat sel yang sesuai untuk tabel tersebut dapat dilihat pada skema berikut ini.
image
Cara Menggunakan Rumus
Didalam ribbon, perintah untuk menggunakan rumus ini terdapat pada contextual menu Table Tools. Contextual menu ini hanya akan ditampilkan jika kursor berada didalam sebuah tabel. Pada menu Table Tools tersebut, perhatikan group Data didalam tab Layout. Disana kita dapat menemukan tombol perintah Formula untuk menggunakan rumus ini.
image
Dengan menekan tombol tersebut Word akan menampilkan kotak dialog Formula seperti berikut ini.
image
Pada kotak dialog tersebut terdapat 3 bagian utama yang membantu kita dalam penulisan rumus, yaitu:
Formula: Tempat untuk menuliskan rumus.
image
Number format: Mengatur format penulisan angka.
image
Paste function: Daftar rumus yang bisa digunakan.
image

17.Mengurutkan kata
  1. Ketikkan terlebih dahulu data pada tabel sampai selesai.
  2. Blok atau seleksi kolom atau data yang akan diurutkan.
  3. Pada ribbon Home, group menu Editing klik Sort & Filter
  4. Pilih salah satu yaitu :
    • Sort A to Z untuk mengurutkan dari kecil ke besar atau dari huruf a sampai huruf z
    • Sort Z to A untuk mengurutkan dari besar ke kecil atau dari huruf z sampai huruf a
      sort & filter Ms excel

  1. Jika kolom terdapat banyak kolom dan agar data yang lain juga mengikuti diurutkan, maka seleksi atau blok data mulai dari data yang akan diurutkan sampai data yang lainnya kemudian ikuti langkah nomor 3 dan 4.
6.     Maka data akan diurutkan secara detail

sort a to z Ms excel


Tidak ada komentar:

Posting Komentar